Meningkatkan Bisnis Dengan Social Media
13 Apr 2023

Apakah kamu seorang pebisnis yang sedang galau? Atau baru memulai merintis bisnis? Bingung omset bisnismu segitu-gitu aja, atau bisnismu sedang lesu karena marketing kurang maksimal? Kalau semua pertanyaan tadi pas dengan apa yang kamu alami saat ini, mungkin artikel ini cocok untuk menjadi solusi dari permasalahanmu.

 

Di era globalisasi seperti sekarang ini, persaingan di dunia bisnis semakin sengit dan kompleks. Strategi pemasaran kini pun tidak hanya di dunia nyata, melainkan juga di dunia maya. Aktif di pelbagai jenis social media adalah salah satu syarat yang diajukan untuk pelamar kerja di bidang marketing. Tak bisa dipungkiri bahwa social media merupakan lahan basah untuk meningkatkan bisnis. Lalu, bagaimana cara meningkatkan bisnis dengan social media? Simak langkah-langkah berikut ini,


 

  • Pertama-tama kenali bisnis kamu dengan baik

 

Untuk meningkatkan bisnismu, pertama-tama kamu harus cukup kenal dan mengerti apa yang kamu kerjakan atau jual. Dengan mengenal bisnis atau produk yang kamu jalani, kamu akan lebih mudah untuk menjelaskan bisnis/produk yang kamu tawarkan kepada konsumen di social media. Melihat kamu cukup lihai dengan bisnismu, bisa jadi konsumen akan tertarik dan akhirnya produk/bisnismu bisa meningkat pesat. Konsumen di social media cenderung lebih detail dan kritis, maka sangat penting menguasai dan mengenali produkmu.


 

  • Amati dan kenali pesaing bisnis kamu

 

Setelah mengenali produk/bisnismu sendiri, kamu juga harus mengamati dan mengenali siapa pesaing bisnis kamu. Amati langkah-langkah marketingnya, bandingkan nilai jualnya, cara pelayanannya. Jadikan bisnis pesaingmu sebagai pembanding dan pastikan produk/bisnis kamu 1 langkah di depan bisnis pesaingmu. Dengan social media kamu diberi kemudahan untuk memantau semua hal itu. 


 

  • Tentukan target pasar untuk bisnis kamu

 

Menentukan target pasar adalah hal dasar yang harus kamu lakukan jika ingin membangun bisnis atau menjual produk. Dengan menentukan target pasar kamu bisa memilih social media apa yang akan kamu maksimalkan untuk menjadi media promosi. Misal, jika pasar adalah anak-anak, remaja dan usia awal dewasa, kamu bisa memakai Instagram, Facebook atau Line untuk menawarkan produk/bisnismu.


 

  • Berikan informasi yang lengkap tentang produk/bisnis yang kamu punya

 

Seringkali hal ini terlupakan oleh pelaku-pelaku bisnis, banyak blog-blog atau feed yang kurang informatif dibuat oleh pelaku bisnis. Hal ini seringkali membuat calon konsumen kesulitan mencari informasi dari bisnis/produk yang kita tawarkan. Berilah infomasi yang jelas dan lengkap tentang produk yang kamu punya. Cantumkan juga kontak person yang bisa dihubungi supaya calon konsumen yang ingin mengetahui informasi lain dapat dengan mudah menghubungimu.


 

  • Buat tampilan yang menarik dan khas untuk produk/bisnis kamu

 

Kencenderungan orang akan mengamati dari tampilan produk/bisnis kamu terlebih dahulu. Dengan tampilan menarik dan khas akan membuat calon konsumen penasaran dan akhirnya rasa keingintahuan akan membawanya meminang produk/bisnis yang kamu tawarkan. Kamu bisa membuat tampilan social mediamu sebagus mungkin. Banyak aplikasi-aplikasi editor yang bisa kamu gunakan. Dengan aplikasi editor, kamu bisa menampilkan tampilan menarik dan unik di blog kamu atau feed instagrammu.


 

  • Memperluas jaringan dengan membuat komunitas

 

Setelah bisnismu berjalan, buatlah komunitas untuk mengikat konsumen. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu membuat komunitas dengan membuat group di Facebook atau forum Kaskus dengan memberikan informasi yang benar dan jujur. Komunitas yang kamu buat tidak harus mengandung 100% nama brandmu, bisa mencari nama yang lebih umum namun tetap berkaitan dengan brandmu. Kepercayaan konsumen mahal harganya, maka berikanlah informasi yang tepat dan perhatikan keluhan serta kebutuhan konsumen, dengan begitu kamu dapat memberikan solusi yang tepat bagi mereka.


 

  • Beri Giveaway atau Quiz berhadiah untuk konsumen

 

Selain memberikan pelayanan yang terbaik dan informatif, kamu bisa juga memberi konsumenmu giveaway atau quiz berhadiah. Berikan giveaway dengan syarat posting produk/bisnismu di akun social media konsumenmu dengan menyertakan hastag/ beberapa akun temannya. Hal ini baik dilakukan supaya konsumenmu tidak pindah ke lain hati.

 

Cobalah menerapkan 7 langkah sederhana yang telah dipaparkan di atas. Tentu masih banyak cara yang bisa kamu ketahui untuk meningkatkan bisnis dengan social media. Kamu bisa mempelajarinya seiring berjalannya waktu. Jam terbang dan pengalaman di dunia bisnis yang kamu geluti adalah kunci menuju tahap yang lebih professional di bidangmu. Setelah bisnismu meningkat, tetaplah sehat, semangat, dan jadilah orang yang bermanfaat!

Artikel Lainnya