Cara Mengoptimalkan Sebuah Website
13 Apr 2023

Untuk membuat website yang kamu kelola ramai dikunjungi dan popular tidaklah mudah. Tidak ada tools yang super mumpuni untuk melakukan hal tersebut. Namun, hal itu bukan berarti tidak ada kesempatan untuk membuat websitemu laris dikunjungi. Cobalah dengan memfokuskan webmu pada bidang tertentu, selanjutkan usahakan agar webmu dapat mudah diakses dan berisikan informasi akurat tidak bertele-tele. Kamu bisa juga mengoptimalkan websitemu dengan menerapkan beberapa cara berikut ini: 


 

  • Jadikan websitemu jawaban dari pengguna

Agar websitemu optimal, laris dikunjungi, dan menghasilkan, pastikan websitemu adalah jawaban dari banyak pengguna internet. Orang kebanyakan akan mencari sebuah keyword pada search engine untuk menemukan sebuah tulisan yang singkat, ringkas, dan langsung memberikan jawaban, tanpa harus menscroll terlalu panjang untuk membaca. Usahakan websitemu memenuhi semua itu.


 

  • Akses websitemu harus mudah dan cepat

Terlalu banyak gambar dan terlalu banyak hal yang lain yang sebenarnya bisa dikurangi, browser pengunjung akan lebih banyak mendownload konten untuk ditampilkan, dan bagi mereka yang memiliki koneksi internet yang lambat, konten-konten tersebut akan menjadi lebih lama dimuat oleh browser. Cobalah mengurangi beban websitemu tanpa mengurangi kualitas konten. Dengan begitu websitemu akan mudah diakses pengguna. 


 

  • Beri Navigasi yang jelas untuk websitemu

Kamu pasti tidak ingin pengunjung website kamu terjebak pada suatu halaman tanpa tahu dimana jalan keluarnya dimana. Disini kamu harus menyediakan sebuah ‘kompas’ bagi mereka berupa navigasi. Navigasi yang ada pada halaman website kamu haruslah jelas, langsung, dan mudah digunakan. Kamu mungkin bisa menambahkan gaya tradisional website yaitu dengan menyajikan anchor link untuk membantu menemukan jalan mereka ke suatu halaman.


 

  • Gunakanlah gambar yang tepat sesuai web

Langkah ini masuk dalam pengoptimalan web karena seringkali web designer sering memaksakan webnya dihiasi gambar-gambar menarik dan berkaitan dengan kontennya namun lalai dalam penentuan size pixel gambar. Alhasil web akan lelet dibuka karena terlalu banyak beban dalam web yang disebabkan oleh gambar-gambar dengan size besar. Langkah yang tepat sebelum memasang gambar adalah me-resize gambar tersebut disesuaikan dengan ukuran webmu.


 

  • Carilah komposisi warna yang pas

Komposisi warna sangat penting pada halaman web, karena warna memiliki arti tersendiri kepada pengunjung, dan menggunakan warna yang salah dapat menimbulkan konotasi yang salah jika kamu tidak berhati-hati. Halaman website yang kamu kelola akan mudah untuk ditemui pengunjung dimanapun ia berada selama ada koneksi internet. Jadi kamu sebaiknya bijak dalam memilih komposisi warna yang akan kamu gunakan pada halaman websitemu. Pengunjung selalu memiliki penilaian tersendiri terhadap tampilan websitemu. Berikanlah kenyamanan visual untuk pengunjung websitemu.


 

  • Gunakanlah ejaan kata dan kalimat yang tepat

Kalimat yang tepat dan ejaan kata yang benar dalam pengetikan merupakan salah satu kenikmatan pembaca untuk membaca isi konten websitemu. Beberapa orang akan risih jika kalimat yang kamu gunakan membingungkan apalagi banyak salah pengetikan “typo” dalam tulisan. Biasakan cek lagi konten yang akan kamu upload di websitemu. Pastikan tulisannya rapi, ejaannya tepat dan kalimatnya enak dibaca.


 

  • Berilah informasi kontak dan kotak saran

Mungkin kamu merasa tidak perlu ada kontak person di webmu, menambah pekerjaan dan melanggar privasi. Tapi tahukah kamu, pengguna mungkin akan menganggap website yang kamu kelola terpercaya jika ada kontak person dan bisa memberi kesan atau saran lewat kotak saran yang kamu sediakan. Kamu bisa memberi balasan jika mereka mengirimkan ulasan, saran atau pertanyaan. Hal ini akan membuat pengunjungmu terkesan dan bisa jadi tertarik menjadi pengunjung setia.

 

Setelah mengetahui cara mengoptimalkan websitemu, kamu bisa mencoba tips-tips di atas dan bersiaplah webmu dikunjungi banyak orang. Tambahan tips agar websitemu banyak dikunjungi pengunjung yaitu dengan menambahkan keyword yang SEO friendly agar websitemu mudah ditemukan oleh pengguna. Kamu juga wajib konsisten mengupload konten di webmu. Dengan begitu websitemu selalu up to date dan memberikan kesan yang baik pada pengunjung. Jangan mudah menyerah, tetaplah sehat, semangat dan jadilah orang yang bermanfaat. 

Artikel Lainnya
03 Sep 2019

tes 2puppueopsuffs

Baca Selengkapnya