Panduan Menulis Judul Blog yang Menarik
13 Apr 2023

Judul di sebuah artikel bagaikan sampul pada buku. Judul sama pentingnya dengan isi sebuah tulisan yang akan disampaikan, maka menulis judul adalah hal menarik dan pokok yang perlu dipelajari penulis. Bagi para pembuat konten memilih judul blog bisa menghabiskan waktu dan perlu ide-ide kreatif. Hal itu dilakukan demi menarik pengunjung dan pembaca di dunia maya. 

 

Sebuah judul dalam artikel mempunyai tanggung jawab menarik pengunjung untuk meng’klik’ dan masuk pada konten menarik yang ada di blogmu. Jika pengunjung tadi tertarik dengan konten yang kamu buat, lalu dia share blog kamu ke media sosial maka yang akan dilihat pertama kali oleh pengguna media sosial lainnya tentu saja judul dari blogmu.

 

Dengan kata lain judul mempunyai peranan yang sangat vital agar blog yang kamu buat mempunyai daya tarik tinggi. Untuk membuat judul yang menarik, butuh latihan dan beberapa teknik yang harus dikuasai. Berikut ini adalah beberapa panduan menulis judul blog yang menarik.


 

  1. Amati dan pahami judul-judul blog populer

Kamu bisa belajar dari judul-judul blog yang sudah ngetrend di dunia maya. Amati bahasa dan gaya penulisannya, biasanya judul akan dibuat agak unik namun tidak norak. Judul dengan angka sering ditemui di Indonesia dan cukup laris. Misal 7 tips…. , 7 keajaiban …. . 7 langkah menuju…. atau kamu juga bisa menuliskan judul tutorial, misal, Cara mengolah…. Cara mengelola…. Cara menulis dengan…. Kamu bisa juga menyertakan orang-orang terkenal untuk membuat judul yang menarik. Misal, Tips lucu ala Cak Lontong, dll

  1. Tiru dan modifikasi judul blog yang menarik perhatian

Setelah mengamati, waktunya untuk meniru dan sedikit memodifikasi judul yang menarik perhatian kamu. Apakah yang dimaksud adalah menjiplak? Tentu tidak, biasakan dirimu untuk membaca blog, majalah atau artikel. Bacalah judul beserta isinya dan catat setiap pemikiran yang terlintas, yang unik, yang tentunya menarik untuk ditulis menjadi sebuah judul.

  1. Latihan menulis judul blog

Practice make perfect! Berlatihlah menulis judul blog tiap harinya, tidak hanya untuk blog yang akan kamu post tapi latihan khusus untuk membuat judul blog setiap hari. Sisihkan waktu sekitar 30 menit tiap harinya untuk berlatih menulis judul blog. Hasil tidak akan mengkhianati usaha dengan tekun latihan kamu akan terbiasa membuat judul blog yang menarik.

  1. Gunakan keyword untuk judul blog

Kamu bisa menggunakan keyword untuk judul blogmu. Kata kunci bisa digunakan untuk mengetahui keinginan pengguna internet. Oleh karena itu, kamu bisa memasukan keyword ini ke judul blog sehingga lebih efisien. Gunakan keyword yang familiar dan akrab di telinga pengunjung. Dengan melakukan hal ini, akan sangat bagus bagi SEO di artikel blog yang kamu buat karena akan sangat membantu para audiens untuk menemukan blogmu.

  1. Berilah banyak judul untuk 1 artikelmu

Cara ini mungkin terdengar aneh, namun cobalah kamu praktekkan, tulis beberapa judul untuk sebuah artikel. Lakukan hal itu setiap kamu punya artikel baru. Dengan membuat beberapa judul untuk sebuah artikelmu kamu sama saja “memaksa” otakmu untuk berpikir kreatif. Kumpulkan judul-judul yang sudah kamu buat, bisa jadi judul itu bisa dipakai untuk artikelmu yang berikutnya.

  1. Jangan lebay! 

Kamu pasti pernah mendengar istilah “clickbait” cara ini sering mengundang reaksi negatif dari pengguna internet. Pengguna internet terkadang jemu dengan judul yang terlalu muluk-muluk namun isinya jauh atau meleset dari judul yang ditawarkan. Maka, hindari judul yang lebay dan bersifat “clickbait” berilah judul yang baik dan elegan sehingga pengguna internet yang membacanya akan terkesan dan akhirnya postingan di blogmu akan dishare ke pengguna internet lainnya.

 

Sekarang kamu sudah tahu beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk dapat menulis judul blog yang menarik. Dengan membuat judul blog yang  menarik maka kesempatan mendatangkan pengunjung akan tinggi. Selain judul, isi konten blogmu juga harus menarik dan bermutu. Setelah ramai dikunjungi sebaiknya kamu tetap memposting artikelmu dengan rutin dan tentunya dengan judul dan isi menarik juga. Selamat mencoba, tetap sehat, semangat dan jadilah orang bermanfaat.

Artikel Lainnya
13 Apr 2023

Menulis adalah pekerjaan yang mudah bagi sebagian orang, beberapa orang mungkin mengalami kesulit

Baca Selengkapnya
13 Apr 2023

Menjadi penulis yang terkenal dengan artikel-artikel yang menarik dan laris dinikmati pembaca men

Baca Selengkapnya
13 Apr 2023

Berbicara mengenai artikel hal yang sering diperdebatkan para penulis artikel salah satunya ialah

Baca Selengkapnya