Langkah Mudah Menemukan Keyword Yang Tepat
13 Apr 2023

Menggunakan keyword yang tepat untuk sebuah artikel SEO (Search Engine Optimization) adalah adalah hal yang penting dan tidak bisa diremehkan. Keyword merupakan kata-kata penting yang di input oleh pengguna internet untuk mendapatkan informasi, produk maupun jasa yang dicari. Kamu tidak boleh sembarangan memilih kata-kata dalam menentukan keyword untuk artikel SEO. Kesalahan fatal pada beberapa artikel menarik yang tidak trending atau viral biasanya disebabkan oleh penggunaan keyword yang tidak tepat dalam konten tersebut.

 

Untuk dunia marketing online, keyword yang tepat dalam konten yang ditawarkan di website merupakan kunci keberhasilan marketing. Dengan keyword yang tepat, website yang kamu buat atau produk yang kamu tawarkan dapat menduduki posisi pertama di halaman mesin pencarian dan mendapat traffic pengunjung yang tinggi. Hal ini otomatis akan berdampak positif pada tingkat penjualan atau tingkat kepopuleran website kamu.

 

Banyak langkah untuk menemukan keyword yang tepat untuk dipasangkan ke konten kamu. Berikut ini adalah 5 langkah mudah untuk menemukan keyword yang bisa kamu pelajari dan terapkan di websitemu:


 

  1. Susun keyword utama dari satu atau dua kata saja

 

Pertama-tama kamu harus tau kata kunci untuk konten yang kamu buat. Lalu kamu bisa memadatkan kata kunci dengan cakupan umum yang mudah dijangkau khalayak ramai atau pengguna internet. Usahakan agar kata kunci tersebut tidak terlalu panjang, hanya tersusun dari satu sampai dua kata saja. Misalkan “Batik Jogja”, “Brokoli Crispy”, “Brownies Lumer” dan lain sebagainya yang merepresentatifkan produk, jasa atau informasi yang kamu posting di website. Kamu sebaiknya tidak membuat kata kunci yang panjang apalagi dengan kata-kata yang tidak umum didengar.


 

  1. Gunakan Google Sugestion

 

Cobalah input keyword di Google, kamu akan melihat beberapa kata yang muncul di bawah keyword yang kamu cari. Kamu akan mendapatkan begitu banyak kata yang muncul dengan mengetik satu kata saja yang ingin kamu cari, itu yang dinamakan Google Sugestion. Kamu bisa mendapatkan keyword yang tepat dengan cara mengamati kata-kata teratas yang muncul dalam Google Sugestion. Kata-kata yang muncul di Google Sugestion adalah keyword yang paling banyak dicari oleh pengguna internet.


 

  1. Gunakan Tool Adwords untuk mengecek keyword

 

Penting bagi kamu untuk mengecek frekuensi pencarian kata kunci yang ingin kamu gunakan. Yaitu dengan menggunakan tool adwords. Dengan cara ini, Kamu bisa tahu pencarian pengguna setiap bulannya. Atau, kamu pun bisa menjadikannya referensi untuk keyword yang akan kamu jadikan pilihan untuk konten website kamu. Jadi, misal hasil dari tool adwords tersebut pencariannya adalah “Batik Jogja” misalnya, Kamu bisa menjadikannya sebagai keyword.


 

  1. Dapatkan Keyword Turunan di Tool Adwords

 

Selain keyword utama, keyword turunan juga perlu kamu sertakan dalam konten tersebut. Ini penting untuk dilakukan agar daya jangkau konten lebih luas dan lebih bervariasi. Cara mendapatkan keyword turunan adalah dengan melacak atau mengecek pada Tool Adwords beberapa pilihan keyword lain yang dekat dengan inti pembahasan kamu dan juga dekat dengan keyword kamu.


 

  1. Pantau Web Pesaing kamu

 

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan juga yaitu memantau web pesaing.  Penting untuk melakukan pengecekan terhadap website pesaing, yaitu website yang memiliki konten di bidang yang sama dengan yang kamu geluti sekarang. Cek kata kuncinya, apa kata kunci yang dipakai khususnya website dengan traffic pengunjung yang tinggi, lalu aplikasikan di konten kamu juga.

 

Setelah menemukan keyword yang tepat, kamu bisa mengaplikasikan keyword tersebut di konten/artikel atau web kamu sehingga traffic pengunjung di website kamu meningkat. Selain penggunaan keyword yang tepat, peletakkan keyword juga penting untuk memaksimalkan website kamu mendapat posisi pertama dalam mesin pencarian. 

 

Tambahan informasi yang tak kalah penting untuk kamu ketahui yaitu untuk menghindari spamming / pemborosan kata. Usahakan keyword yang digunakan tidak terlalu banyak, sehingga konten yang kamu buat nyaman untuk dibaca.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu langkah-langkah mudah menemukan keyword yang tepat untuk konten website kamu. Selamat mencoba, tetap sehat, semangat dan jadilah orang yang bermanfaat.

Artikel Lainnya
13 Apr 2023

Menulis adalah pekerjaan yang mudah bagi sebagian orang, beberapa orang mungkin mengalami kesulit

Baca Selengkapnya
13 Apr 2023

Berbicara tentang menulis konten social media yang menarik tentunya salah satu hal penting yang h

Baca Selengkapnya
13 Apr 2023

Menjadi seorang blogger atau penulis pemula untuk sebuah blog, penting untuk mengetahui hal-hal y

Baca Selengkapnya