Cara Menulis Postingan Blog Yang SEO Friendly
13 Apr 2023

Menulis adalah pekerjaan yang mudah bagi sebagian orang, beberapa orang mungkin mengalami kesulitan. Terlebih untuk pemula dalam hal menulis di blog dan dituntun menulis postingan yang SEO friendly. Mengapa postinganmu harus SEO friendly? Salah satunya agar postinganmu berada di halaman pertama dan banyak dikunjungi. Banyak blogger yang tahu cara menulis artikel secara lancar dan teratur, tapi tidak banyak yang tahu cara menulis artikel SEO friendly. Lalu, bagaimana cara menulis postingan blog yang SEO friendly? Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu ikuti agar postingan blogmu SEO friendly,


 

  1. User Experience adalah kunci

User Experience adalah pengalaman pengguna, hal ini merupakan point penting yang harus kamu usahakan terjadi di postingan blogmu. Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka menjelajahi blog yang kamu tulis. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya. Semakin mereka berlama-lama berkunjung di blog yang kamu punya, google akan mencatat aktivitas tersebut dan merekomendasikan postinganmu sebagai artikel yang menarik.


 

  1. Gunakanlah keyword di judul artikel yang akan kamu posting di blog.

Hal ini wajib kamu lakukan jika kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP (Search Engine Result Page). Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel. Tidak memberi keyword utama di title sama saja kamu menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postinganmu. Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah diawal kata. Makin ke kiri (ke awal kata) makin baik, tapi hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik. Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel yang kamu posting malah jadi aneh dan susah dibaca.

  1. Tulislah artikel dengan panjang dan mendalam

Cara ini banyak digunakan blogger-blogger berpengalaman, mereka dengan tepat, panjang dan mendalam menulis artikel yang akan diposting di blog. Artikel yang diposting tidak hanya panjang ( pemborosan kata ) namun mendalam sehingga pengunjung yang membaca akan teinspirasi dan men-share artikel tersebut ke teman-temannya. Hal ini akan terekam oleh google menjadi user experience, sehingga blog kamu nantinya akan banyak dikunjungi.


 

  1. Gunakan URL yang tepat

Banyak blogger menyepelekan hal yang satu ini, padahal dengan url yang tepat akan memudahkan pengguna menemukan artikel yang kamu posting. URL atau Slug merupakan alamat dari artikel yang kamu tulis. Biasanya tertulis dengan format www.example. com/kata-kunci. Menulis slug yang tepat adalah dengan memasukan kata kunci di dalamnya. Bisa full kata kunci, bisa juga hanya sebagian jika memang kata kuncinya terlalu panjang. Misalnya, www.sewamotorjakarta.com/ sewa-motor-jakarta usahakan slug ini berbeda dengan site title.


 

  1. Gunakan keyword turunan

Menulis artikel SEO friendly berkualitas kamu juga harus memasukan keyword turunan dan juga sinonim kata kunci. Keyword turunan ialah kata kunci yang masih berhubungan dengan keyword utama. Misalnya, kata kunci utamanya adalah “sewa ps jakarta” maka kata kunci turunannya bisa “sewa sewa ps murah jakarta”, “sewa ps harian jakarta”, “sewa ps khusus jakarta”, dan lain sebagainya


 

  1. Gunakan media gambar, video dan grafik di postinganmu

Semakin kaya informasi yang kamu sajikan di artikelmu, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu sebagai postingan yang berkualitas. Kamu bisa menggunakan media-media untuk membuat tulisanmu berbobot, misal dengan gambar, video, tabel, grafik atau map yang berkaitan dengan isi artikel. Hal ini akan menambah nilai user experience menjadi bagus karena pembaca dimanjakan dengan tulisan yang kaya informasi dan menarik. Menurut survey yang dilakukan oleh lembaga swasta, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca dan dikunjungi 94% lebih banyak daripada konten tanpa gambar yang relevan.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu langkah-langkah menulis postingan blog yang SEO friendly. Kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah tadi supaya blog kamu laris dikunjungi. Selamat mencoba dan berkarya, tetap sehat, semangat dan jadilah orang yang bermanfaat.

Artikel Lainnya
13 Apr 2023

Berbicara tentang menulis konten social media yang menarik tentunya salah satu hal penting yang h

Baca Selengkapnya
13 Apr 2023

Menggunakan keyword yang tepat untuk sebuah artikel SEO (Search Engine Optimization) ada

Baca Selengkapnya
13 Apr 2023

Judul di sebuah artikel bagaikan sampul pada buku. Judul sama pentingnya dengan isi sebuah tulisa

Baca Selengkapnya