Mengoptimalkan Panjang Sebuah Artikel
13 Apr 2023

Berbicara mengenai artikel hal yang sering diperdebatkan para penulis artikel salah satunya ialah panjang pendeknya suatu artikel. Beberapa penulis berpendapat bahwa artikel yang panjang adalah gambaran dari keseriusan seorang penulis dalam membuat tulisannya. Sedangkan, penulis yang lain mengatakan bahwa artikel yang panjang bisa jadi bertele-tele dan tidak mencapai tujuan yang akan disampaikan. Pertanyaan yang muncul dari perdebatan tadi ialah seberapa panjang artikel yang ideal itu? Bagaimana cara mengoptimalkan panjang sebuah artikel supaya menarik untuk dibaca?

 

Panjang atau pendek suatu artikel sebenarnya bukan masalah besar yang butuh perhatian serius. Selama kamu mampu membuat artikelmu menarik dan enak dibaca, pembaca tidak akan menggubris panjang pendeknya artikelmu. Jika kamu memilih menulis artikel panjang, perhatikan alur artikelmu supaya tetap menarik untuk dibaca.

 

Kamu bisa mengamati artikel-artikel yang menarik di blog atau sebuah website, rata-rata penulis menggunakan 500-600 kata untuk membuat artikel. Dengan temuan itu, bisa disimpulkan bahwa panjang artikel yang paling ideal adalah 600 kata. Jadi usahakan untuk membuat artikel dengan panjang sekitar 600 kata.

 

Pertanyaan pertama sudah terjawab, lalu mari beralih ke pertanyaan kedua, bagaimana cara mengoptimalkan panjang sebuah artikel? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kamu perlu tahu faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi panjang pendek suatu artikel.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Panjang Pendek Suatu Artikel

  • Tema artikel

Salah satu faktor yang mempengaruhi berapa panjang artikel yang ideal adalah topik artikel itu sendiri. Artikel tutorial biasanya lebih panjang dan detail daripada artikel tentang biografi atau karangan bebas (cerpen). Artikel tentang review sebuah barang seringkali juga menghabiskan lebih dari 700 kata. Berapa panjang artikel yang ideal untuk setiap jenis topik sangat beragam. kamu harus menguji satu persatu agar mengetahui panjang ideal suatu artikel dengan topik-topik yang spesifik.


 

  • Teknik SEO pada artikel

Kalau kamu ingin membuat artikel SEO, maka panjang yang paling ideal adalah 800 kata. Dalam 800 kata tersebut, kamu memiliki kesempatan untuk “menembak” kata kunci sebanyak 8 kali. Itu artinya kamu harus menempatkan kata kunci setiap 100 kata. Namun, jika kamu hebat dalam membangun backlink, kamu tidak perlu membuat konten panjang minimal 800 kata. Buktinya, artikel pendek apa itu blogwalking? Mampu menempati urutan kedua untuk kata kunci “apa itu blogwalking” hanya dengan satu backlink berkualitas.


 

  • Tujuan artikel dibuat

Hal lain yang mempengaruhi panjang pendeknya artikelmu adalah tujuan artikel dibuat, artikel yang menceritakan kehidupan pribadi bisa disesuaikan dengan ketertarikan pembaca. Namun artikel ilmiah, biasanya panjang  karena sering disisipi oleh pendapat-pendapat ahli beserta referensinya.

 

Mungkin kamu bisa melihat kesimpulan yang dibuat para penulis untuk referensi dalam mengoptimalkan panjang artikel. Berikut ini kesimpulan yang bisa kamu jadikan bahan menentukan panjang pendek artikelmu,

* 75-300 Kata. Artikel pendek cocok untuk diskusi. Tidak akan mendapat angka share yang banyak. Juga sangat buruk untuk keperluan SEO. Tapi jika kamu banyak komentar, buat artikel pendek.

300-600 Kata. Panjang standar untuk blogging. Direkomendasikan oleh banyak blogger profesional. Mudah untuk mendapatkan share dan komentar. Tapi terlalu pendek untuk menjadi blog otoritas.

750 Kata. Ini merupakan standar panjang jurnalis profesional, terutama koran. Artikel dengan panjang seperti ini lebih mudah untuk mendapat link dari blogger lain.

1000-1500 kata. Kamu akan mendapat sedikit komentar jika menulis artikel dengan panjang ini. Tapi kamu akan mendapatkan banyak share jika artikel Kamu bersifat memecahkan masalah orang lain. Juga lebih mudah untuk keperluan SEO.

*2450 kata atau lebih. Kamu akan mendominasi mesin pencari jika mampu menulis dengan panjang seperti ini.

Setelah mengetahui faktor-faktornya, mulailah menulis artikelmu. Cobalah menulis artikel panjang dan artikel pendek untuk mengetahui artikel mana yang lebih efektif menarik pembaca. Kamu tidak perlu mengikuti stkamur dari penulis-penulis lain. Practice makes perfect, berlatih dan tekun menulis bisa membuatmu menjadi professional dalam membuat artikel yang menarik. Selamat mencoba, tetap sehat, semangat dan jadilah orang yang bermanfaat.

Artikel Lainnya
13 Apr 2023

Judul di sebuah artikel bagaikan sampul pada buku. Judul sama pentingnya dengan isi sebuah tulisa

Baca Selengkapnya
13 Apr 2023

Menggunakan keyword yang tepat untuk sebuah artikel SEO (Search Engine Optimization) ada

Baca Selengkapnya
13 Apr 2023

Berbicara tentang menulis konten social media yang menarik tentunya salah satu hal penting yang h

Baca Selengkapnya