Menulis Konten Social Media Yang Menarik
13 Apr 2023

Berbicara tentang menulis konten social media yang menarik tentunya salah satu hal penting yang harus dimengerti oleh blogger, digital marketer dan profesi lainnya. Kamu perlu mengalokasikan waktu, tenaga dan pikiran untuk menciptakan konten yang menarik. Biasanya, konten yang menarik berisi artikel yang berkualitas, informatif dan orisinil. Google akan memberi reward pada artikel yang banyak dikunjungi dengan postingan berkualitas dan orisinil. Berikut langkah-langkah yang mungkin menginspirasimu membuat konten menarik di social media,


 

  • Buatlah konten yang orisinil

Orisinil bisa juga diartikan original, berasal dari idemu sendiri alias bukan jiplakan. Google tidak segan memberikan sanksi jika konten yang kamu tulis adalah hasil dari jiplakan. Rajin membaca, update berita dan memperluas jaringan adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar stock ide yang original melimpah.

  • Pastikan konten yang kamu tulis memiliki ciri-ciri konten berkualitas

Sebelum kamu menulis konten, kamu perlu mengetahui ciri-ciri konten berkualitas. Apa saja itu? Yang pertama, gampang ditemukan ( findable ) konten yang kamu tulis akan sia-sia jika tidak ditemukan oleh pembaca lainnya. Kamu bisa memakai keyword yang SEO friendly agar kontenmu mudah untuk ditemukan. Ciri yang kedua yaitu, banyak dibagikan oleh pembaca ( shareable ) tulisan yang sering dibagikan biasanya mengandung isi yang berkualitas, menarik dan informatif. Selain itu, sertakan sharing tool yang mudah agar tulisanmu mudah untuk dibagikan ke khalayak ramai. Ciri selanjutnya yaitu mudah dibaca (readable) tulisan yang mudah untuk dibaca akan membantu pembaca mudah memahami tulisanmu. Tulisan yang bagus adalah tulisan yang berkesan ( memorable ), konten yang meninggalkan kesan biasanya akan membuat pembacanya ketagihan untuk membaca tulisan-tulisanmu yang lain.

  • Temukan judul yang menarik untuk tulisanmu

Untuk menarik pembaca, sematkanlah judul yang menarik, unik, lucu, membuat penasaran dan provokatif. Pembaca pasti akan membaca judul tulisanmu lebih dahulu, jika judulmu menarik otomatis pembaca akan melanjutkan aktivitasnya sampai pada isi dari konten yang kamu tulis.

  • Tulislah artikel tutorial atau yang menginspirasi

Salah satu tema terlaris untuk konten adalah tutorial, kamu bisa menuliskan sebuah tutorial menurut versimu sendiri. Misal, konten dengan topik memasak, kamu bisa menuliskan resep dan tutorial dari sebuah masakan sesuai dengan apa yang kamu ketahui. Atau kamu bisa menuliskan konten yang menginspirasi, misal tentang gaya hidup atau pengalamanmu sendiri.

  • Gunakan gambar-gambar yang relevan 

Buatlah tulisanmu menarik dengan menyertakan gambar-gambar sesuai topik. Kamu bisa menggunakan gambar-gambar yang ada di mesin pencarian sertakan sumbernya supaya tulisanmu lebih dihargai. Kamu juga bisa menggunakan gambaranmu sendiri untuk memperkaya tulisanmu.

  • Sertakan sumber-sumber terpercaya dalam tulisanmu

Jika tulisan yang kamu buat untuk social mediamu adalah tulisan ilmiah atau di dalam artikelmu mengandung tulisan yang mengutip dari ahli atau oranglain jangan lupa sertakan daftar pustaka atau referensi sumber tulisanmu. Kamu juga bisa menyertakan tautan ke tulisan yang kamu buat.

  • Kerja keras dan konsisten 

Usaha tidak akan mengkhianati hasil, dengan tidak mudah menyerah dan konsisten menghasilkan tulisan untuk konten social media, social mediamu akan terekam oleh google sebagai situs yang produktif menghasilkan karya. Semakin banyak mencecap asam garam, kamu akan menghasilkan konten yang menarik sehingga pengguna yang mengunjungi tulisanmu akan selalu menunggu hasil karyamu. 

 

Menulis konten berkualitas dan menarik bukan hal mudah, tapi akan terasa lebih mudah jika kamu menulis sesuatu sesuai dengan passion kamu. Temukan passionmu dan tulis hal menarik untuk dibagikan ke pembaca. Hal menarik tentang konten adalah tidak lekang oleh waktu. Kamu bisa menulis sesuatu hari ini dan beberapa tahun yang akan datang apa yang kamu tulis masih tetap dilihat dan dibagikan orang, yang membawa traffic kembali ke situs kamu.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara menulis konten social media yang menarik. Semua langkah yang kamu baca akan sia-sia jika kamu tidak berani mencoba dan mulai berkarya dari sekarang. Selamat mencoba, tetap sehat, tetap semangat dan jadilah orang yang bermanfaat.

Artikel Lainnya
13 Apr 2023

Berbicara mengenai artikel hal yang sering diperdebatkan para penulis artikel salah satunya ialah

Baca Selengkapnya
13 Apr 2023

Adakah generasi milineal yang tidak memiliki Instagram? Ya, sebuah aplikasi media sosial yang seo

Baca Selengkapnya
13 Apr 2023

Menjadi penulis yang terkenal dengan artikel-artikel yang menarik dan laris dinikmati pembaca men

Baca Selengkapnya