Cara Menulis Artikel Yang Menarik
13 Apr 2023

Menjadi penulis yang terkenal dengan artikel-artikel yang menarik dan laris dinikmati pembaca menjadi impian sebagian orang. Lalu bagaimana cara untuk mencapainya? Apakah dengan menulis sebuah artikel dengan topik yang sedang viral lantas membuat tulisan kita menarik? Atau dengan membubuhkan banyak quote dari orang terkenal di artikel kita sehingga tulisan kita dibaca banyak orang? 

 

Ya, mungkin cara-cara itu bisa kamu lakukan, namun artikelmu akan lebih menarik jika melewati beberapa proses atau setidaknya kamu sudah mempraktekkan cara agar artikel yang kamu tulis menjadi menarik untuk dinikmati pembaca. 

 

Sebelumnya kamu harus tahu apa itu artikel. Artikel adalah sekumpulan kalimat yang disusun penulis untuk tujuan tertentu. Segala isi dan makna yang terkandung dalam artikel adalah hak dan tanggungjawab penulis. Artikel sendiri mempunyai beberapa jenis sesuai dengan kegunaan atau tujuan dibuat, beberapa jenis artikel ialah, artikel persuasif, artikel narasi, artikel deskripsi, artikel fiksi dan lain sebagainya. 

 

Setiap jenis artikel perlu dibuat menarik agar pembaca tidak bosan apalagi gagal paham tentang artikel yang dibacanya. Lantas, bagaimana cara membuat artikel menjadi menarik?

 

Pertama-tama, kenali ciri-ciri artikel menarik. Apa sih ciri-ciri artikel yang menarik? 
 

  1. Judulnya menggoda
  2. Pembukaan artikel menggigit
  3. Isinya bagus, menginspirasi dan tidak membosankan
  4. Penutupnya mengagumkan

 

Kamu bisa memakai langkah-langkah berikut, supaya artikel yang kamu buat menarik untuk dinikmati pembaca.


 

  • Belajar menemukan ide cemerlang

 

Tentu tidak mudah untuk mencari ide cemerlang untuk bahan suatu artikel. Inspirasi bisa datang kapan saja, dimana saja dan dari siapa saja. Maka jangan pernah terlambat mencatat jika si Ide itu datang. Kamu harus siap sedia menyiapkan alat untuk mencatat, So, stok ide untuk sebuah artikel pun akan senantiasa kamu miliki dan bisa kamu gunakan kapanpun dibutuhkan.


 

  • Pasang judul dan deskripsi yang unik

 

Kesan pertama begitu menggoda, begitu kalimat sebuah iklan pengharum badan yang laris di pasaran. Berlaku juga untuk sebuah judul artikel, kamu bisa menggunakan metode SOP (Subjek, Objek, Predikat) dalam judul artikelmu. Jika diterapkan, hal ini akan membuat artikelmu mudah untuk dicari dengan mesin penelusuran. Artikel sebagus dan rumit apapun akan menjadi tidak berguna jika kamu salah menentukan judul.


 

  • Beri gambar yang mencolok sesuai dengan tema

 

“Visual Speak Louder” gambar yang menarik dan sesuai dengan tema sebuah artikel mampu membuat daya imajinasi pembaca menggambarkan situasi, keadaan, atau tujuan artikel secara lebih riil. Selain itu gambar dalam sebuah artikel ibarat ‘Rest Area’ yang membuat pembaca tidak jenuh menikmati artikel yang kamu buat.


 

  • Buka dengan kalimat yang baik

 

Kalimat pembuka yang baik ialah kalimat yang mampu mengajak pembaca secara sadar dan semangat untuk membaca lagi dan lagi sebuah artikel hingga kalimat terakhir. Berikan kalimat yang membuat pembaca penasaran, atau buka dengan deskripsi singkat artikel. Kamu juga bisa membuat pernyataan yang menggemparkan sebagai pembuka artikelmu.


 

  • Sajikan inti artikel dengan nikmat

 

Menyajikan inti artikel adalah salah satu hal penting yang sering dilupakan penulis. Biasanya penulis, terlalu disibukkan dengan merangkai kata untuk pemoles artikel supaya enak dibaca terkadang penyampaian isi artikel malah meleset. Terkesan berputar-putar dan tidak jelas bahkan membuat bingung pembaca dan akhirnya dicampakkan begitu saja oleh pembaca.  

 

Menyajikan inti artikel yang baik tidak harus panjang, yang penting tujuan artikel tersampaikan dengan baik dan terstruktur. Artikel yang berasal dari pengalaman pribadi atau kisah nyata biasanya laris dinikmati pembaca. 


 

  • Beri kesimpulan dan tutup dengan kesan

 

Kamu wajib menuliskan kesimpulan dari artikelmu agar pembaca mudah memahami apa yang kamu sampaikan. Artikel yang dibuka dengan pertanyaan akan sempurna jika ditutup dengan jawaban. Kamu juga bisa mengutip quote dari orang terkenal atau ahli untuk menambah daya tarik artikelmu.

 

Nah! Sekarang kamu sudah tau cara menulis artikel yang menarik. So, sekarang waktunya kamu menerapkan cara-cara di atas ke dalam artikel yang akan kamu buat. Selamat berjuang dan tetaplah jadi orang yang bermanfaat! Salam 

Artikel Lainnya
13 Apr 2023

Adakah generasi milineal yang tidak memiliki Instagram? Ya, sebuah aplikasi media sosial yang seo

Baca Selengkapnya
13 Apr 2023

Berbicara mengenai artikel hal yang sering diperdebatkan para penulis artikel salah satunya ialah

Baca Selengkapnya
13 Apr 2023

Berbicara tentang menulis konten social media yang menarik tentunya salah satu hal penting yang h

Baca Selengkapnya